Senin, 15 Februari 2010

TAKE HOME

NAMA : LITA RISWIARTI
NIM : 292008211
KELAS : G


Take Home Test
IAD

1. Yang dimaksud dengan situasi eksistensi terbuka adalah:
a. Esistensi manusia tidak diselesaikah habis oleh khalik dalam arti manusia menyelesaikan eksistensinya dengan merealisasikan dalam kehidupan.
b. Khalik tidak memprogramkan realisasi eksistensi manusia dalam arti manusia mempunyai kebebasan untuk merealisasika kehidupannya.
Hubungan eksistensi terbuka dengan kebebasan manusia dalam menciptakan kehidupan adalah sangat erat karena ketika kebebasan manusia dibatasi, manusia tidak dapat mempertahankan eksistensinya. Sedangkan ketika manusia ada dalam kebebasan maka kehidupan manusia berkembang dan berubah terus sejalan dengan daya kreatifitasnya.

2. Manusia memiliki keterikatan dengan alam contohnya :
a. Manusia adalah bagian dari alam maksudnya manusia dan alam adalah satu kesatuan ekosistem satu sama lain saling berhubungan erat.
b. Alam merupakan tempat manusia menciptakan kebudayaanya artinya manusia memerlukan alam untuk merealisasikan aktivitas hidupnya .Misalnya bekerja , membangun rumah, dll.
c. Alam merupakan sumber kehidupan bagi manusia, apa yang dibutuhkan oleh manusia ada di alam misalnya makanan,minuman,pakaian, barang tambang,dsb.
d. Manusia menjadi pusat dari alam. maksudnya semua yang ada dialam ini adalah untuk manusia.
e. Alam merupakan suatu sarana untuk dinikmati oleh manusia (rekreasi).

3. komentar saya terhadap teori evolusi Lamark dan Darwin yaitu teori Lamack dengan teori Darwin adalah evolusi sama-sama terjadi karena pengaruh faktor lingkungan. Sedangkan perbedaannya adalah pada yang menyebabkan perubahan makhluk hidup, di mana Lamarck disebabkan oleh kuantitas penggunaan organ tubuh, sedangkan Darwin pada seleksi alam.
pandangan saya terhadap kedua teori tersebut tidak benar dan tidak setuju sebab tidak ada evolusi pada mahkluk hidup. Evolusi pada makhluk hidup merupakan propaganda atau doktrin dari para atheis untuk mengaburkan agama dan Evolusi adalah teori yang gagal. Yang terjadi pada makhluk hidup bukanlah hasil sebuah evolusi sebab : Setiap spesies sudah diciptakan sejak masa penciptaan dan setiap makhluk hidup memiliki genetika (gen) yang berbeda.

4. Medan evolusi manusia adalah bahasa, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, ekonomi dan politik. Saya memilih bahasa.
Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Bahasa memiliki berbagai definisi. Definisi bahasa adalah sebagai berikut:
a. suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan.
b. suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
c. suatu kesatuan sistem makna
d. suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna.
e. suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.)
f. suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.
Bahasa sangat penting karena dengan adanya bahasa manusia dapat berkomunikasi satu dengan yang lain sehingga dengan komunikasi itu dapat memungkinkan berlangsungnya evolusi kultural atau terciptanya budaya yang semakin berkembang.


5. Pola pikir manusia dalam perkembangan IPA:
a. Zaman kuno:
Pengetahuan dikumpulkan dari kemampuan mengamati dan mebeda-bedakan dan dari hasil percobaan yang sifatnya spekulatif atau “trial and error”. Semua pengetahuan diterima apa adanya.
b. Zaman yunani kuno
Ilmu Pengetahuan berkembang pesat, karena kemampuan rasional bangsa Yunani tinggi. Ilmu pengetahuan ini disempurnakan melalui penyelidikan. Orang mencoba mencari jawab tentang asal usul dan sebab akibat dari segala sesuatu.
c. zaman pertengahan
Pada zaman ini lebih maju disbanding zaman Yunani kuno. Pada zaman ini :
i. menerjemahkan, mengembangkan dan menyebarkan peninggalan bangsa Yunani
ii. mengembangkan metode eksperimen (meluaskan pengamatan dalam bidang kedokteran, obat-obatan, astronomi, kimia dan biologi).
iii. memantapkan pemantapan penulisan bilangan
d. Zaman modern
Pengetahuan yang didapat pada zaman sebelumnya masih diwarnai filsafat, agama dan mistik. Pada zaman modern dikembangkan metode eksperimen yang ditunjang alat yang semakin sempurna dan kemampuan berfikir yang meningkat

6. Yang dimaksud dengan metode ilmiah adalah cara atau prosedur dalam memperoleh ilmu pengetahuan secara ilmiah. Langkah-langkah dalam meetapkan metode ini tidak selalu harus utut, yang penting memecahkan masalah untuk medapatkan kesimpulan umum (GENERALISASI) hanya didasarkan atas data dan diuji dengan data dan bukan oleh keinginan, prasangka, kepercayaan atau pertimbangan lain
Langkah-langkah umum metode ilmiah
a. menentukan dan memberikan batasan kepada masalah
i. masalah yang akan dihadapi harus diketahui dengan pasti
ii. masalah tersebut perlu irumuskan dengan tepat dalam arti mengarahkan dalam mencari data yang relevan untuk memecahkan masalah itu.
b. menentukan hipotesis.
ada 2 pendekatan yaitu:
i. pendekatan induktif yaitu diawali dengan pengumpulan data yang didapat dari observasi dan kemudian menggunakan data ini sebagai dasar perumusan hipotesis
ii. pendekatan deduktif yaiu dimulai dari generalisasi dan menggunakan dalam situasi baru dan fakta-fakta baru.
Keduayaa dapat digunakan dalam pengujian dan pemeriksaan
c. menguji dan mengadakan verifikasai kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh dalam ilmu alamiah bersifat sementara dan harus diuji terus menerus sehingga diperoleh kemajuan.
Langkah-lagkah operasional metode ilmiah:
1. perumusan masalah
pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana tentang objek yang diteliti
2. penyusunan hipotesis
dugaan atau jawaban sementara berdasarkan pengetahuan yang ada
3. pengujian hipotesis
usaha mengumpulkan fakta-fakta atau data-data yang relevan
4. penarikan kesimpulan
didasarkan atas penilaian melalui anaisis data atau fakta

7. Hubungan antara iman dan ilmu pengetahuan adalah :
a. Ilmu pengetahuan dan iman merupakan dua instumen penting bagi manusia untuk mental diri, berperilaku, bermasyarakat, berbangsa, bernegara, serta bagaimana manusia memaknai hidup dan kehidupan.
b. Keduanya diperlukan untuk mendorong manusia unuk hidup secara benar.
c. Melalui sains, manusia berhubungan dengan realitas dalam memahami keberadaan diri dan lingkungannya.
d. Iman menyadarkan manusia akan hubungan keragaman realitas tersebut, untuk memperoleh derajat kepastian mutlak, yakni kesadaran akan kehadiran Tuhan.
e. Iman dan Ilmu sudah punya batasan yang jelas, akan tetapi terdapat hubungan dan ketergantungan timbal balik yang amat kuat diantara keduanya.
f. Iman menentukan tujuan, tetapi iman belajar dari ilmu, tentang cara-cara apa yang akan menyumbang pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
g. Ilmu hanya dapat diciptakan oleh mereka yan telah terilhami oleh aspirasi terhadap kebenarn dan pemahaman. Sumber perasaan ini tumbuh dari wilayah iman.
h. Ilmu tanpa iman adalah lumpuh, iman tanpa ilmu adalah buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar